Ban Tubles Motor Maticku, Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubless

Sekedar sharing aja bro, tentang ban motor matic ku


Ceritanya beberapa bulan yang lalu saya ganti ban luar motor matic karena sudah berbenjolan, saya gunakan ban luar bawaan standar dari pabriknya yaitu model konvensional / Tube type.


Bapak pemilik toko grosir gudang ban yang terletak di jalan kopo Bandung, menyapa ramah " Mas, selamat datang, mau nyari ban luar merk apa, ih motor mas keren velg racingnya masih utuh sebaiknya menggunakan ban tubless.


Karena ban tubless, memiliki beberapa kelebihan (menurut pemilik toko ban) :
- Trend jaman sekarang
- Kalau terkena paku tidak langsung kempes, cocok bila suka berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan rata (perkotaan)
- Nyaman sewaktu menikung (biar mirip valentino rossi)
- Lebih mahal (terlihat banyak duit)
- Lebih bergaya, karena velgnya pasti racing / chasting wheel (CW)
- Mirip motor balap
- Ada yang bilang lebih awet dan praktis.
Kekurangan :
- Nambalnya mahal (bukan berarti sayakekurangan duit)
- Ban terasa lebih keras.


Kenyataan yang saya alami, dengan medan jalan yang sama, perpaduan antara perkotaan dan pedesaan, jalan manyar- cibaduyut - sukarno hatta- cimindi - cimareme - batujajar, usia pemakaian kurang dari 1 tahun, baru 6 bulan ban sudah benjol gegerenjulan.

Awalnya saya kira ban kempes, ternyata ada tonjolan seperti hampir mau meletus. Dilihat dari fisiknya ban luar nampak baru, tapi setelah ditelusuri ada bagian yang menonjol keluar sebesar jeruk nipis dan sedangkan pada bbagian lain tetep rata.

Terpaksa saya kurangi tekanan angin ban biar gak nonjol kena spakboard, dan pada hari libur saya coba bawa ke tukang ban.

Alhamdulillah akhirnya oleh tukang tambal ban disarankan pakai ban dalam dan dapat diatasi tanpa masalah.
masalah.

Jika sobat mengalami masalah yang sama pada ban tubles seperti yang saya alami, bisa menggunakan ban dalam seperti ban konvensional.

Yah hitung pengalaman bagaimana merasakan ban tubles selama 6 bulan dan akhirnya diperlakukan seperti ban konvensional.

Begitu sobat, catatan saya malam ini sekedar berbagi pengalaman pribadi, semoga bermanfaat.